Sabtu, 27 Oktober 2012


ANALISA SWOT
Untuk Bisnis Somay


Pendekatan:

STRENGTH(KEKUATAN)
WEAKNESS(KELEMAHAN)
Rasa ikan asli
Daya tarik produk kurang
Porsi besar
Outlet kurang bersih
Harga terjangkau
Bentuk kurang menarik


OPPORTUNITY(PELUANG)
THREATS(ANCAMAN)
Semua orang mengetahui somay
Preman
Ketersediaan bahan baku mudah
Konsumen mudah bosan
Pesaing sedikit
Harga bahan baku yang tidak stabil

SO (Strenght & Opportunity)
Strenght
Opportunity
SO
Rasa ikan asli
Semua orang mengetahui siomay
Memberi informasi kpd pelanggan bahwa siomay kita dengan rasa ikan asli
Rasa ikan asli
Ketersediaan bahan baku
Karena bahan baku tersedia dengan banyak,maka rasa ikan asli bisa di pertahankan
Rasa ikan asli
Ketersediaan bahan baku
Ketersediaan bahan baku bisa menjadi inovatif buat rasa ikan
Rasa ikan asli
Pesaing sedikit
Dengan pesaing yang sedikit maka keunggulan kita dengan rasa ikan yg banyak tidak ada kelemahannya

Porsi besar
Semua orang mengetahui siomay
Member informasi kepada pelanggan bahwa siomay kita mempunyai porsi yang besar
Porsi besar
Ketersediaan bahan baku
Dengan ketersediaan bahan baku yang banyak maka porsi kita yang besar bisa di pertahankan
Porsi besar
Pesaing sedikit
Dengan pesaing kita yang sedikit maka porsi kita kemungkinan jadi yang pertama
Harga terjangkau
Semua orang mengetahui siomay
Memberikan informasi kepada pelanggan bahwa harga siomay kita murah
Harga terjangkau
Ketersediaan bahan baku
Dengan ketersediaan bahan baku yang cukup maka kita bisa membuat siomay dengan harga terjangkau
Harga terjangkau
Pesaing sedikit
Dengan harga yang terjangkau dan pesaing yang sedikit maka konsumen kita akan lebih banyak




ST (Strenght & Threats)
Strenght
Threats
ST
Rasa ikan asli
Preman
Memberikan jatah penjualan kepada preman
Rasa ikan asli
Konsumen mudah bosan
Dengan rasa ikan kita yang monoton,,kemungkinan selera konsumen kita akan bosan,maka kita harus menciptakan kreasi
Rasa ikan asli
Harga bahan baku yang tidak stabil
Menyediakan stok bahan baku yg banyak
Porsi besar
Preman
Bekerja sama dengan preman agar menginfokan siomay kita punya porsi besar,dengan memberikan jatah uang
Porsi besar
Konsumen mudah bosan
Dapat menyediakan dua varian bentuk siomay. Siomay kecil dan porsi besar untuk membuat konsumen bisa memilih banyak pilihan yang disukainya.

Porsi besar
Konsumen mudah bosan
Untuk menambah daya jual maka dibuat ukuran-ukuran siomay yang unik bahkan sampai ukuran jumbo agar konsumen tertarik.

Porsi besar
Harga bahan baku yang tidak stabil
Penyediaan bahan baku yang cukup bisa mempertahankan porsi siomay kita yang besar
Harga terjangkau
Preman
Bekerja sama dengan preman agar menginfokan siomay kita punya porsi besar,dengan memberikan jatah uang
Harga Terjangkau
Konsumen mudah bosan
Dengan harga yang terjangkau dan membuat inovasi2 baru diharapkan konsumen tdk bosan
Harga terjangkau
Harga bahan baku yang tidak stabil
Dengan mempersiapkan bahan baku yang cukup,agar tetap bisa memberikan keunggulan harga siomay yang terjangkau



WO (Weakness & Opportunity)
Weakness
Opportunity
WO
Daya tarik produk kurang
Semua orang mengetahui siomay
Membuat bentuk2 siomay yang menarik agar konsumen tertarik
Daya tarik produk kurang
Ketersediaan bahan baku mudah
Dengan mudahnya bahan baku maka kita berusaha berkreasi dengan menciptakan daya tarik produk
Daya tarik produk kurang
Pesaing sedikit
Membuat sistem pemasaran yang baik dan terkendali agar siomay yang dibuat bisa lebih laku dari penjuak lainnya.

Daya tarik produk kurang
Pesaing sedikit
Karena daya tarik dari siomay kurang, dapat dibuat nama-nama yang unik atas siomay tersebut yang membedakan dari siomay-siomay yang dijual di pasaran.

Outlet kurang bersih
Semua orang mengetahui siomay
Menjaga kepercayaan konsumen dengan menjaga kebersihan outlet kita..dengan memberikan sertifikat kebersihan
Outlet kurang bersih
Ketersediaan bahan baku
Membuat sertifikat kebersihan dan kelayakan bahan baku produk kita,dengan itu konsumen akan percaya

Outlet kurang bersih
Pesaing sedikit
Menjaga kepercayaan konsumen dengan higeinis tempat kita,,berhubung saingan kita sedikit
Bentuk kurang menarik
Semua orang mengetahui siomay
Melakukan kreasi yang unik u tuk siomay2 kita
Bentuk kurang menarik
Ketersediaan bahan baku
Menyiapakan bahan baku baru untuk kreasi produk kita
Bentuk kurang menarik
Pesaing sedikit
Menjaga ketatnya persaingan kita harus berinovasi terhadap produk kita



WT (Weakness & Threats)
Weakness
Threats
WT
Daya tarik produk kurang
Preman
Memberikan pekerjaan kepada preman untuk promosi produk kita,,dengan imbalan upah
Daya tarik kurang
Konsumen mudah bosan
Dapat dibuat sample atau contoh berbagai macam siomay di tempat yang bisa dicicipi dahulu oleh konsumen, baru selanjutnya konsumen bisa memesannya.

Dahya tarik kurang
Konsumen mudah bosan
Membuat variasi bentuk, rasa, atau bahan-bahan dasar pembuatan siomay dan Mencari lokasi strategis untuk berjualan seperti di sekolah-sekolah untuk dijadikan target sasaran penjualan.

Daya tarik kurang
Harga bahan baku yang tidak stabil
Menjaga ketersediaan bahan baku,dan melakukan inovasi
Outlet kurang bersih
Preman
Mempekerjakan preman untuk menjaga kebersihan outlet kita
Outlet kurang bersih
Konsumen mudah bosan
Memberikan sentuhan2 seni di outlet kita agar tidak monoton..dengan fasilitas2 baru
Outlet kurang bersih
Harga bahan baku yang tidak stabil
Menjaga ketersediaan bahan baku,dan kebersihan outlet
Bentuk kurang menarik
Preman
Memberikan pekerjaan kepada preman untuk promosi produk kita,,dengan imbalan upah,dan membuat kreasi baru
Bentuk kurang menarik
Konsumen yang mudah bosan
Membuat inovasi baru dan rasa baru dalam siomay kita
Bentuk kurang menarik
Harga bahan baku yang tidak stabil
Menjaga ketersediaan bahan baku,dan membuat inovasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar